Selamat Datang di "YAYASAN PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN FAKIR MISKIN AL-FURQON" Sekretariat: JI. KS. Tubun III B / Gg, 0 No. 23 Slipi, Jakarta 11410 Telp. (021) 5327615, 5348649 email : yayasanalfurqon@yahoo.co.id website : www.yaf-slipi.org

Minggu, 21 Juli 2013

LPJ khitanan umum yaf 2013



LAPORAN PELAKSANAAN KHITANAN UMUM
YAYASAN AL-FURQON (YAF) TAHUN 2013

Bismillahirrahmannirahiim
Assalamu’alaikum wr. wb.
            Dengan menyampaikan rasa syukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT atas segala ridho dan bimbingan-Nya dapat kami laporkan bahwa Khitanan Umum YAF tahun 2013 telah terlaksana dengan sukses. Kesuksesan ini tidak lain adalah berkat kerjasama yang sangat baik dati tri partite (tiga komponen) yakni : Yayasan Al-Furqon (yakni Tim Kerja Pelaksanaan Khitanan Umum YAF 2013), para Donatur dan para Pengurus RW, RT serta petugas Masyarakat lainnya (terutama dilingkungan RW 07 Kel. Slipi).
            Ukuran kesuksesan disini dapat kami tarik dari data faktual yang kami catat secara akurat dari berbagai aspek yang mewujudkan pelaksanaan program rutin tahunan Yayasan Al-Furqon berupa Pelaksanaan Khitanan Umum ini bukan saja dapat mencapai sasaran-sasaran dalam perencanaan yang kami buat bahkan terdapat pencapaian yang melebihi target. Secara garis besar dapat kami laporkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Khitanan dapat diselenggarakan sesuai rencana yakni pada hari Minggu tanggal 30 Juni 2013 mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB
  2. Peserta khitan sebanyak 24 anak (lihat lampiran 1) yang dikhitan terdiri dari Anak Yatim/Piatu, Anak-anak Kaum Dhuafa serta Anak-anak dari keluarga yang sedang mengalami kesulitan hidup. Anak-anak bukan hanya berasal dari lingkungan Kelurahan Slipi saja tetapi ada dari luar Kelurahan Slipi.
  3. Donatur yang kami rencanakan amat selektif kami pilih karena berbagai pertimbangan namun karena termotivasi berkat sosialisasi yang kami lakukan dengan berbagai cara/media tentang Khitanan Umum ini maka jumlah Donatur benar-benar diluar perkiraan kami. Sampai saat Pelaksanaan Khitanan, jumlah Donatur tercatat sebanyak 40 orang 
  4. Dana yang diperoleh digunakan untuk pos-pos pengeluaran yang secara garis besar adalah sebagai berikut :
 Biaya medis
 Pengadaan paket untuk anak-anak yang dikhitan
 Pengadaan Konsumsi
 Biaya kesekretariatan (atk, fotocopy, spanduk, dokumentasi)
Rincian pengeluaran dapat dilihat pada lampiran 3
5.      Pelaksanaan Khitanan Umum YAF
Anak-anak yang dikhitan memperoleh paket yang terdiri dari :
 -  Baju koko, peci dan kain sarung
 -  Tas sekolah & alat-alat tulis
 -  Konsumsi
 -  Obat-obatan
          -  Amplop berisi uang sebesar Rp 150.000,- masih ditambah dengan amplop berisi uang yang disampaikan oleh banyak pribadi Donatur yang menyerahkan sendiri secara langsung kepada anak-anak yang dikhitan.
6.      Biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan khitanan ini kami rencanakan sebesar Rp 23.200.000,- (Dua puluh tiga juta dua ratus ribu rupiah) yang sudah ditetapkan untuk didanai dari Kas Yayasan Al-Furqon. Namun diluar dugaan dana yang terkumpul dari para Donatur ternyata mencapai jumlah Rp 31.730.000,- (Tiga puluh satu juta tujuh ratus tiga puluh ribu rupiah) diluar yang diberikan secara langsung oleh para Donatur kepada anak-anak yang dikhitan.
7.      Untuk menangani secara teknis khitanan ini dilakukan oleh Tim Medis dari Fakultas Kedokteran Universitas YARSI dibawah koordinasi dan supervisi dari Ibu Prof. Dr. Hj. Qomariyah, MS. PKK. AIFM. Susunan Tim Medis dapat dilihat pada lampiran 4.
8.      Pelaksanaan dari Khitanan Umum YAF 2013 adalah Tim Kerja Pelaksanaan Khitanan Umum Yayasan Al-Furqon tahun 2013 yang dibentuk berdasar Surat Penugasan dari Ketua Yayasan Al-Furqon No. 01/PNG/YAF/V/2013
9.      Dalam acara pembukaan telah disampaikan laporan oleh Wakil Ketua Tim Kerja : Hj Nurlela dan sambutan oleh Ketua Yayasan Al-Furqon : Rahmat Suryanto, Supervisor Tim Medis oleh Ibu Prof. Dr. dr. Hj. Qomariyah MS. PKK. AIFM., Camat Palmerah oleh Bapak Drs. Agus triyono serta tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Nurhadi, MA. ditutup dengan do’a yang disampaikan oleh salah seorang Pendiri Yayasan Al-Furqon : Bapak Ustadz H. Supriadi Karsim, S.Ag.

            Melalui penyampaian laporan ini Yayasan Al-furqon ingin menegaskan komitmennya untuk melaksanakan manajemen yang profesional dan terbuka sebagai bentuk pertanggungan jawab dalam melaksanakan amanah dari para Donatur, para simpatisan dan para peduli kepada para sesama yang memerlukan pelayanan dan bantuan.
            Oleh karena itu bilamana dirasakan ada kesalahan kekhilafan dan kekurangan dalam laporan-laporan pertanggungan jawab yang dibuat Yayasan Al-Furqon, agar para Donatur atau para pemerhati dapat menyampaikan koreksinya kepada Pengurus Yayasan Al-Furqon.
            Mengakhiri laporan ini, izinkanlah kami Tim Kerja Pelaksanaan Khitanan Umum YAF 2013 dan pengurus Yayasan Al-Furqon menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah dengan tulus ikhlas membantu pelaksanaan Khitanan Umum YAF tahun 2013 khususnya para Donatur yang telah memberikan bantuan berupa dana ataupun dalam bentuk barang. Mohon maaf bilamana terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam laporan ini.
            Kami tetap berharap Bapak/Ibu selalu memberikan kepercayaan kepada Yayasan Al-Furqon untuk menyalurkan zakat/infaq/sodaqoh/bantuan/hadiah dari Bapak/Ibu untuk membantu sesama yang amat memerlukan uluran tangan kita.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Tim Kerja Pelaksanaan
Khitanan Umum YAF Tahun 2013