Selamat Datang di "YAYASAN PELAYANAN DAN PEMBERDAYAAN ANAK YATIM DAN FAKIR MISKIN AL-FURQON" Sekretariat: JI. KS. Tubun III B / Gg, 0 No. 23 Slipi, Jakarta 11410 Telp. (021) 5327615, 5348649 email : yayasanalfurqon@yahoo.co.id website : www.yaf-slipi.org

Jumat, 26 Juli 2013

PROPOSAL BINGKISAN IDUL FITRI 1434 H/2013 M



“Menebar kebahagiaan, menuai pahala”.

PROPOSAL

UNTUK PEMBERIAN BINGKISAN IDUL FITRI 1434 H BAGI ANAK-ANAK YATIM,
PARA LANJUT USIA MISKIN DAN KELUARGA FAKIR MISKIN
OLEH YAYASAN AL-FURQON (YAF) BERSAMA MASYARAKAT.

Bismillahirrahmannirrahim,

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebulir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Naha Mengetahui.”
(QS. Al-Baqoroh : 261 )

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya”.  (QS. Al-Bayyinah : 7 & 8)

“Barang siapa berbahagia dengan datangnya bulan suci Ramadhan, akan terbebas dari api neraka”. (Al-Hadist)

I.              Pendahaluan.

Bulan suci ramadhan 1434 H telah datang, sambutlah dia dengan penuh suka cita; yaitu dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dan mengerjakan kebajikan kepada sesama dengan ikhlas karena Allah.
Melalui kesempatan ini Yayasan Al-Furqon dengan arahan dari Allah SWT melalui kitab suci Al-Quran dan sabda Rasulullah SAW dalam kutipan-kutipan diatas, pada tahun 1434 H  bertepatan dengan tahun 2013 ini kembali megingatkan, mengajak dan mendorong kaum muslimin dan muslimat serta para peduli lainnya untuk memperhatikan nasib Anak yatim, para lanjut usia miskin dan para keluarga miskin khususnya dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1434 H /2013 M yang akan datang.

Sebagaimana kita yang bersyukur telah memperoleh nikmat hidup dari Allah SWT sehingga nanti dapat menyambut datangnya hari raya dengan penuh suka cita, mereka pun pasti berharap dapat menyambut dengan suka cita pula.
Namun karena kondisi kesejahteraan mereka yang masih memprihatinkan lebih-lebih dengan diterpa kenaikan harga bbm yang berakibat melambungnya harga kebutuhan bahan pokok sehari-hari, keinginan bersuka cita itu makin jauh bahkan dapat mendatangkan kekecewaan frustasi yang mengarah pada kecemburuan sosial dengan berbagai dampaknya.
Atas dasar analisis logis tersebut maka Yayasan Al-Furqon kembali melayangkan Proposal kepada kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat serta para peduli masyarakat lainnya untuk memperoleh dukungan konkritnya agar agenda tetap Yayasan Al-Furqon tiap tahun memberikan Bingkisan Lebaran Idul Fitri pada tahun ini dapat terwujud lagi. Sehingga dengan demikian kita sebagai orang-orang yang beriman dan beramal soleh serta para peduli masyarakat lainnya dapat membantu mewujudkan impian para anak yatim, lanjut usia miskin dan keluarga miskin untuk dapat menyambut datangnya hari Raya Idul Fitri 1434 H dan merayakannya dengan penuh suka cita sebagaimana anggota masyarakat lainnya.

II.  Rencana Kegiatan

Bingkisan Idul Fitri 1434 H yang dirancangkan oleh Yayasan Al-Furqon ini dibiayai bersama-sama oleh Yayasan Al-Furqon, masyarakat secara komprehensif secara garis besar dapat digambarkan profile dari Bingkisan Idul Fitri 1434 H sebagai berikut :

1.      Calon penerima Bingkisan Idul Fitri 1434 H
1.1.           Anak-anak yatim sebanyak                                    :   93 anak
1.2.           Para Lanjut Usia Miskin sebanyak                        :   57 orang
1.3.           Keluarga Miskin sebanyak                                     : 142 orang
1.4.           Fisabilillah sebanyak                                              :   58 orang
Jumlah                                                                       : 350 orang

2.      Domisili calon penerima
2.1.               Kelurahan Slipi sebanyak                                     : 310 orang
2.2.               Diluar Kelurahan Slipi sebanyak                          :   40 orang

3.      Isi Bingkisan Idul Fitri 1434 H
3.1.          Bahan kebutuhan pokok sehari-hari senilai           : Rp 100.000,-
3.2.           Uang masing-masing
3.2.1.     Untuk anak yatim sebesar                                : Rp  200.000,-
3.2.2.     Untuk Lanjut usia miskin sebesar                    : Rp. 100.000,-
3.2.3.     Untuk keluarga miskin sebesar                        : Rp  100.000,-
3.3.           Khusus untuk anak yatim ditambahkan beras masing-masing 4 liter.

4.      Kebutuhan dana untuk :
4.1.          Pengadaan bingkisan sebanyak 350 paket           :  Rp 79.300.000,-
4.2.          Biaya Penyelenggaraan Tabligh Akbar sebesar   :  Rp    1.000.000,-
4.3.          Biaya dokumentasi                                                  :  Rp       300.000,-
4.4.          Biaya Administrasi                                                   :  Rp       300.000,-
4.5.          Biaya tak terduga dialokasikan                               :  Rp    1.000.000,-  Total :  Rp  81.900.000,-

5.      Penyerahan Bingkisan Idul Fitri 1434 H
         Penyerahan Bingkisan Idul Fitri 1434 H akan dilakukan dalam acara Tabligh Akbar yang direncanakan pada :

Hari                : Minggu
Tanggal         : 4 Agustus 2013
Pukul             : 16.00 WIB - selesai
Tempat         : Aula Masjid Al-Furqon, Jl. KS Tubun III B RT 007/07 No. 23
  Kelurahan Slipi, Jakarta Barat.

Tabligh Akbar diharapkan dihadiri para pejabat pemerintahan daerah, aparat negara, alim ulama, tokoh masyarakat, para donatur, undangan lainnya dan para calon penerima Bingkisan Idul Fitri 1434 H.

III.   Harapan

Yayasan Al-Furqon sangat mengharapkan dukungan penuh dari para mukminin dan mukminat, kaum muslimin dan muslimat, para peduli kaum dhuafa, para pejabat pemerintah daerah dan aparatur negara dengan cara memberikan bantuan berupa dana (uang) / in natura (barang) untuk pengadaan Bingkisan Idul Fitri 1434 H melalui Yayasan Al-Furqon dengan cara :

1.     Menyerahkan langsung kepada Tim Kerja Penyiapan Bingkisan Idul Fitri 1434 H di Masjid Al-Furqon

2.   Mengisi form tanda terima serta menyerahkan bantuannya kepada Petugas Tim Kerja yang mengunjungi kediaman Bapak/Ibu

 3. Mentransfer bantuannya melalui bank pada rekening Yayasan Al-Furqon di  
Bank Mandiri Cab RS Pelni No. 116-00-0303961-8  an. Mu’minah Qq. Al-Furqon. atau
Bank BCA Cab. Fatmawati Rek. No. 2181 2488 09  an. Nurlela
 
Segala jenis bantuan diharapkan telah sampai kepada Tim Kerja Bingkisan Idul Fitri 1434 H / 2013 M Yayasan Al-Furqon paling lambat tanggal 31Juli 2013.

IV.  Penutup.

Marilah kita berlomba-lomba berbuat kebajikan dibulan suci Ramadhan yang penuh barokah ini berbagi rezeki untuk menolong sesama umat yang memerlukan pada hari suka cita Idul Fitri 1434 H. Mari kita menebar kebahagiaan buat saudara-saudara kita yang amat mengharapkan kepedulian kita. Mari kita mencari ridha Allah SWT untuk mendapatkan sebanyak-banyak pahala atas amal soleh dan perbuatan kita yang amat terpuji itu.
Semoga Allah SWT semakin melimpahkan rahmatnya kepada setiap kita yang peduli untuk memperbaiki kondisi kesejahteraan sosial anak-anak yatim, para lanjut usia miskin dan para keluarga miskin. Amin.

Selamat menunaikan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan ini.

Atas perhatian, dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu/Saudara untuk mendukung program yang mulia ini kami ucapkan banyak terima kasih.

Wabilahit taufiq wal hidayah 
Wassalamualaikum wr. wb.
                        

Tim Kerja
Pemberian Bingkisan Idul Fitri 1434 H / 2013 M
Yayasan Al-Furqon